Events,News workshop finalisasi kurikulum 2019 program S1 Ilmu Administrasi Negara Fisip Unmul

workshop finalisasi kurikulum 2019 program S1 Ilmu Administrasi Negara Fisip Unmul



Pada 26 Maret 2019, bertempat di ruang rapat lt.2 Dekanat Fisip, Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara Fisip Unmul melakukan finalisasi kurikulum 2019, Kurikulum ini direncanakan diberlakukan pada Tahun Akademik 2019/2020. Setelah melalui proses perumusan oleh Tim Pengembangan Kurikulum, naskah kurikulum 2019 disampaikan kepada seluruh dosen program studi dan diplenokan.

Sejumlah perubahan yang dirumuskan dalam kurikulum 2019 diantaranya dibentuknya dua peminat program studi, yaitu Kebijakan Publik dan Manajemen Publik bagi mahasiswa program studi ilmu administrasi negara.

Selain itu, telah dimuatnya 18 mata kuliah wajib IAPA dimana pada kurikulum 2014 hanya memuat 15 mata kuliah wajib IAPA. Penambahan lainnya adalah ditetapkannya Kebijakan SDA dan Lingkungan Hidup sebagai mata kuliah kekhasan program studi yang mencirikan pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Mulawarman serta penambahan sejumlah mata kuliah baru yang lebih mendukung pemenuhan keterampilan umum dan khusus lulusan yang membawa konsekuensi pada dihapuskannya beberapa mata kuliah pada struktur kurikulum sebelumnya.

Perubahan tersebut tentu telah disesuaikan dengan perkembangan ipteks dan tuntutan pasar kerja/kebutuhan stakeholder sebagaimana diketahui dari hasil evaluasi oleh tim pengembangan kurikulum program studi. Semoga Program Studi Ilmu Administrasi Negara semakin berkembang dan sukses menghasilkan lulusan sarjana Ilmu Administrasi Negara yang unggul dan Inovatif di bidangnya sebagaimana Visi Program Studi (*fani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *